Selasa, Juli 01, 2008
1

Menurut sebuah penelitian, paling tidak ada 8 keterampilan yang paling dibutuhkan perusahaan. Apakah Anda memiliki salah-satunya?

Selain nilai akademis tinggi, masa depan karir anda juga ditentukan oleh keterampilan yang dimiliki.

Tapi, tak sedikit perusahaan yang lebih mengutamakan keterampilan ketimbang indeks prestasi pelamar kerja. Sebelum terlambat, ada baiknya Anda mengasah keterampilan di bidang-bidang berikut ini:

Bahasa asing

Menuju era globalisasi, penguasaan bahasa asing menjadi syarat mutlak rekruitmen pada setiap perusahaan. Karena itu, paling tidak Anda harus menguasi salah satu bahasa asing seperti Inggris, Jepang, China, Jerman dan Perancis. Bidang kerja spesifik yang masuk kategori ini misalnya penterjemah, diplomat dll.

Teknis mesin


Keterampilan ini sangat dibutuhkan untuk perkembangan, kemajuan dan kontinuitas produksi. Bagian instalasi jaringan listrik dan elektronik, banyak dicari. Dengan spesialisai khusus, keterampilan ini bisa mengisi posisi di bidang teknologi telekomunikasi, otomotif, transportasi, dll.

SDM

Perusahaan yang memiliki karyawan lebih dari satu orang, tentu membutuhkan orang yang bisa melakukan interaksi timbal balik dengan baik. Sukses sebuah perusahaan sangat bergantung pada interaksi tersebut, yang dimotori oleh orang yang memahami kebutuhan karyawan.

Programmer komputer

Perusahaan kini tengah menuju pada pemerataan sistem komputerisasi untuk meningkatkan efektivitas dan daya saing. Itulah sebabnya, mereka membutuhkan orang-orang yang mengerti secara detil seluk beluk program komputer.

Mengajar

Banyak perusahaan menggaji pengajar khusus untuk meberikan kursus tambahan bagi karyawannya, misalnya perpajakan, bisnis manajemen, pelayanan sosial atau manajemen administrasi. Mereka yang memiliki pengetahuan multi disipliner semacam ini biasanya kerap 'dikejar' banyak perusahaan.

Manajemen Keuangan

Bila Anda menguasai ilmu manajemen bisnis, akuntansi, investasi dan perencanaan keuangan perusahaan, maka Anda tak perlu kuatir tak mendapatkan pekerjaan. Hanya saja, Anda perlu membuktikan diri dulu.

Ilmu Kimia & Matematika

Kebutuhan pasar kerja akan sumberdaya manusia di bidang kimia, fisika, biologi ini, akan selalu tinggi dan tidak akan pernah surut. Bidang kerja yang termasuk di dalamnya misalnya apoteker, ahli pangan dan obat-obatan, peneliti, dll.

Memecahkan masalah

Mereka yang mampu mengidentifikasi berbagai masalah, mencari solusi, membuat keputusan yang efektif adalah Salah satu yang paling dicari perusahaan. Dengan kemampuan itu, Anda layak menjadi bisnis administrator, konsultan manajemen, dan administrasi negara.

1 komentar:

  1. bagus nih, yang penting kalo meurut gw buat kerja, skill kita kayanya yang lebih ditonjolkan. ya ga? ya ga?

    BalasHapus