Selasa, Juli 01, 2008
0

Berikut adalah langkah-langkah awal dalam mempromosikan blog/website:

Daftarkan di blog directory
Biar blog dapat dilihat oleh semua orang diseluruh dunia. Daftarkan blog ke berbagai direktori blog (blog directory).

Sedikitnya, daftarkan di tiga blog directory terbesar dan terpopuler, yaitu Technorati, BlogCatalog dan BlogDigger. Ikuti seluruh petunjuk pada ketiga blog directory tsb ketika mendaftar. Blog-blog directory ini nantinya secara otomatis akan mengirim data blog dan posting-posting anda ke berbagai search engine, termasuk tiga search engine besar yaitu Google, Yahoo, dan MSN. Cara manual mendaftarkan blog anda ke tiga search engine dapat dipelajari pada halaman ini.

Link-trade, Link Exchange (Tukar Link)
Ajak teman anda yg memiliki blog untuk saling tukar link. Link URL anda di blog dia, dan jangan lupa anda juga memasukkan link blog teman anda tsb. di blog anda. Dalam dunia blog, ini disebut juga dengan istilah BLOGROLL. Dan blogroll ini salah satu penyebab cepatnya popularitas blog di seluruh dunia, mengalahkan website yang biasa. Anda dapat juga bertukar link dengan blog ini.

Cara mengetahui ada yang link dengan blog Anda? Caranya mudah: tulis di kotak Technorati.com search alamat blog Anda atau blog siapa saja yang ingin Anda ketahui. Contoh blog ini, http://danasimpleman.blogspot.com/, setelah itu klik search, anda akan tahu siapa saja yang ngelink ke blog tersebut. Jadi intinya semakin banyak link yang mengarahkan ke blog anda, akan semakin populer blog anda di dalam search engine.

Berkunjung ke blog lain
Untuk menambah teman untuk diajak blogroll, sempatkan berkunjung ke blog-blog lain, dan berkomentar di buku tamu atau tagboard mereka atau berkomentar di tulisan mereka sambil jangan lupa memasang alamat blog Anda di blog mereka. Dalam waktu tidak lama, mereka akan berkunjung blog Anda.

Aktivitas posting
Usahakan sedikitnya satu kali posting setiap harinya. Posting yang teratur di blog, akan membuat tamu datang secara teratur juga.

Alamat blog di signature email
Tulis alamat blog Anda di signature email. Sehingga setiap anda menulis email ke pribadi atau ke milis, alamat blog anda akan selalu muncul, dan "menggoda" orang untuk berkunjung. Memposting ringkasan tulisan di blog Anda ke milis juga akan sangat menggoda member milis untuk datang ke blog Anda.

0 komentar:

Posting Komentar