Minggu, Februari 01, 2009
4

Blog yang masih baru kadang-kadang kita telat memasang tool-tool yang sangat berguna untuk mengoptimalkan blog. Apa saja yang sangat direkomendasikan untuk dipasang di blog baru? Dibawah ini merupakan tool-tool rekomendasi dari saya, yang saya anggap paling bermanfaat untuk digunakan.

1. Statistik pengunjung. Agar dapat langsung menghitung total pengunjung dari awal blog dibuat, sebaiknya blog baru langsung memasang tracker visitor. Tool ini dapat ditemukan di SiteMeter.com.

2. Technorati.com. Agar dapat menghitung jumlah authority atau rangking technorati, yang merupakan tingkat banyaknya blog lain yang memasang link ke blog kita. Jangan lupa untuk meng-claim terlebih dahulu blog kita yang baru tadi.

3. Seo Monitor. Fungsinya untuk memonitor tingkat halaman blog di mata search engine, tool ini dapat membantu mempercepat terindeksnya halaman blog. Temukan di MyPageRank.net.

4. Blog Directory. Selain mendapatkan trafik atau kunjungan, mendaftarkan di blog directory akan membantu mem-ping halaman posting, sehingga mempercepat halaman posting terindeks di search engine. Blog directory yang terbesar diantaranya yaitu: BlogCatalog.com, BlogTopList, dan BlogaDir.com. Untuk blog directory Indonesia yaitu Blog-Indonesia.com dan KampungBlog.com.

5. ShoutBox (optional). Untuk blog baru, biasanya pengunjung baru ingin menuliskan pesan singkat sebagai ucapan salam kenal, atau ucapan lainnya. Shoutbox membantu mempercepat untuk mendapatkan teman sesama blogger lainnya. Pilih salah satu shoutbox yang disukai, untuk yang paling banyak digunakan para blogger diantaranya yaitu: ShoutMix.com, Cbox.ws dan Oggix.com.

Mungkin tool-tool diatas yang harus dipasang diblog baru, jika ada tambahan atau pertanyaan silahkan isi di kolom komentar.

Iklan Blogger Template: Template blogger baru ArtBlue Blogger Template dapat ditemukan di Comment Jam.

4 komentar:

  1. blogku masi baru, dan ada beberapa yg udah dilakukan dan ada yg belum... makasi infonya ya..

    salam kenal

    BalasHapus
  2. Mas tukeran link ya !? bolehkan saya sudah pasang link anda di blog saya
    http://berburuwang.blogspot.com
    http://acepgbisnis-08.blogspot.com
    ditunggu link backnya
    terimakasih

    BalasHapus
  3. wah ada 2 poin yg belum dikerjakan,trims infonya

    BalasHapus
  4. trims infonya baik sekali utk saya.

    BalasHapus