Senin, Februari 16, 2009
5

Kita semua mengetahui bahwa artikel online adalah salah satu dari beragam pilihan untuk mendapatkan informasi. Well, jika "kita dapat belajar banyak seorang yang baru," kemudian kita pasti dapat memperoleh pengetahuan yang cerdas dan mengerti maksud dari para penulis seperti di jejaring sosial atau artikel elektronik lainnya yang ada saat ini. Dan maksud saya disini tidak hanya membaca artikel di blog.

Mutu dan Isi dari berbagai blog dan artikel elektronik tidaklah kalah dengan media lainnya. Walaupun, sebagai seorang orang "yang baru" di dunia online, saya pernah dengan sembarangan mempunyai kesan bahwa blog atau artikel elektronik yang mereka tulis adalah bahan bacaan yang tidak ada awal atau akhirnya.

BLOG HANYALAH PERMULAAN
Saya mempelajari hal di atas, meskipun blog atau artikel elektronik tidak semuanya terlihat menarik atau informatif, semua itu hanya hanyalah sebuah permulaan. Pemikiran seseorang yang menyangkut pendapat seringkali terjadi diskusi atau debat, terutama jika topik yang dibahas adalah suatu permasalahan yang baru, hot, atau yang menyangkut suatu pihak. Bagi saya, inilah tempat di mana kesempatan dan kesenangan yang riil untuk mulai belajar.

JANGAN MELUPAKAN UNTUK MEMBACA KOMENTAR
Saya disini tidak menganggap bahwa saya benar. Saya juga tidak mengusulkan Anda untuk menjadi bagian di dalam kegiatan online yang harus membaca masing-masing komentar pada suatu blog atau artikel elektronik lainnya. Karena bagi sebagian orang, hal ini mungkin adalah suatu yang tidak praktis atau bahkan tidak menarik sama sekali. Saya dapat menceritakan kepada kamu dari pengalaman saya sendiri. Bagaimanapun juga, bahwa ada banyak hal bisa dipelajari dari komentar ini dibanding dari artikel yang ditulis itu sendiri.

Kita harus mengingat bahwa situs jejaring sosial dan media online banyak menyediakan suatu forum untuk orang-orang yang mempunyai permasalahan yang sama, tetapi dengan keahlian khusus yang berbeda-beda dan dari seluruh penjuru dunia untuk bisa berbagi pendapat. Banyak pengetahuan yang bisa mereka bagi disini. Sekarang saya sudah datang untuk ikut belajar, dari apa yang tertulis di dalam bagian komentar. Ada kejadian di mana saya sedang membaca suatu komentar yang singkat yang mengharapkan pengarangnya untuk menguraikan secara terperinci tentang tulisan yang dibuatnya, tetapi disini tidak semua pengarang yang mempunyai kemampuan untuk membantunya. Bagaimana dengan pendapat Anda?

Intinya, nasihat dari seorang pemula ini adalah untuk membaca komentar. Yang bukan juga berarti hal ini harus diikuti, atau sebagai suatu pegangan. Saya hanya mendorong kamu untuk melakukannya, sebab hal ini bisa memberikan banyak hal yang positif, dan kamu juga akan mendapatkan satu lagi alternatif untuk belajar sesuatu.

5 komentar:

  1. Tul mas komentar adalah penting biar kita tahu seberapa besar animo pembaca tentang artikel yang ditampilkan
    http://berburuwang.blogspot.com
    http://ceppygratis.blogspot.com

    BalasHapus
  2. bener mas, kadang dr komentar2 itu sya nemuin sesuatu yang baru..
    tapi kadang juga ada yang sekedar yepam doang:(

    BalasHapus
  3. komentar itu penrlu juga untuk mengetahui tanggapan para pembaca website.....komentar juga kadang2 penting buat ngasih topik,saran,kritik untuk mengembangkan website.......

    BalasHapus
  4. bener bgt ..
    mungkin dengan adanya komentar2 kita bisa mengetahui kualitas postingan kita, apakah disenangi pembaca ato tidak...
    dan tidak jarang komentar itu menjadi cambuk untuk membuat postingan blog yang lebih baik lagi hehehe bener nggak?? :P

    BalasHapus