Minggu, Oktober 19, 2008
6

passwordPassword atau kata kunci adalah suatu kata yang sering kita dengar, untuk masuk ke dalam sebuah system, dibutuhkan password, yang fungsinya untuk membatasi penyalahgunaan akses terhadap system kita. Untuk mengambil uang di ATM pun dibutuhkan password berupa PIN atau Personal Identification Number.

Memilih atau merancang password memerlukan pemikiran khusus dan harus mau mengubah-ubah dalam kurun tertentu. Tidak memakai password sama sekali (blank password) sangat tidak dianjurkan, walaupun itu menjanjikan kemudahan. Untuk memilih nomor PIN juga jangan dianggap remeh, biasanya orang memilih PIN dengan diambil dari tanggal-tanggal special, misalnya tanggal lahir, tanggal lahir istri/pacar, tanggal kelahiran anak dan sebagainya atau nomor plat kendaraan atau nomor rumah. Memang terlihat simple, tapi penting.

Ada sistem yang bisa mencoba mengetahui lebih dari 50 juta password per detik, namun teknik hanya dapat menemukan password-password sederhana yang panjangnya tak lebih dari 7 atau 8 karakter..Sistem penjebol passwod secanggih apapun akan kesulitan membobol password berukuran panjang dan terdiri atas kombinasi huruf kecil/BESAR, angka dan simbol-simbol…

Berikut Tipsnya:



  • Gunakan kombinasi karakter dari huruf kecil, besar, dan karakter khusus, seperti @,#,$,(,). Contohnya: p45$w0rd, $1mpl3m@n, d3$1m4n13z, 9o(k13l$), dll.


  • Gunakan panjang karakter secara maksimal, kalau bisa tidak kurang dari 8 karakter.


  • Hindari menggunakan password sistematik..(misalnya 123 atau ABC)


  • Jangan pernah memberitahu password kepada orang lain, karena kalau demikian bukan password lagi namanya…..


  • Jangan lupa untuk selalu mengganti password secara berkala, agar jika ada orang yang pernah mengetahui atau mendengar password/PIN kita, tidak bisa menggunakannya.


  • Bagi yang mempunyai hobi banyak account. Misalnya dimilist, mail, atau messeger di Yahoo, MSN, ICQ, Gmail, Frendster, Plasa, Hotmail, blogger dsb. akan menyulitkan dan menghabiskan space otak jika harus mengingat banyak password. Apalagi harus menggantinya dalam kurun waktu tertentu, mungkin akan menambah pusing dulu sebelum bekerja, apalagi jika ternyata lupa. Solusi single-password lebih disukai karena kita tinggal mengingat satu password untuk semua account. Kelemahannya, sekali tertebak berisiko dibobol. Solusi yang lain adalah password bertingkat. Misalnya, kita buat password untuk 3 kriteria: (1) penting; (2) sedang; dan (3) tidak penting.

Selamat Mencoba..

6 komentar:

  1. memang seh bro lebih aman tapi ngingetnya juga lumayan apalagi untuk pelupa kayak saya :)

    BalasHapus
  2. @ keris
    soalnya udah banyak software penjebol password nihy. Jadi harus hati-hati.

    BalasHapus
  3. hooo... kalau saya rata2 semua passwordnya sama... cuma beda nomer2 aja

    BalasHapus
  4. tambahan dari saya mas,

    untuk memudahkan mengingatnya, kalo bisa ganti smua huruf vokal dengan angka

    a=4
    i=1
    u=03
    e=3
    o=0

    BalasHapus
  5. @ judotens
    tambahan yang bagus niyh,, lebih aman!!

    BalasHapus
  6. hoho.. ada tambahan.. asyik.. bisa dicoba lagi..

    BalasHapus