Senin, Agustus 18, 2008
20

Pada postingan ini saya mencoba berbagi pengetahuan tentang setting domain co.cc yang tempat hostingnya di Blogger. Mungkin ada diantara teman-teman semua yang mengalami kesulitan untuk mensetting domain co.cc sama seperti saya dulu. Dengan mempelajari dari sana sini akhirnya domain ini dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

Sebelumnya saya telah menulis postingan tentang keunggulan dan kelebihan dari domain co.cc (baca disini), untuk itu tepat rasanya bagi teman-teman yang ingin mempunyai sebuah blog dengan nama/url yang lebih spesifik dan tentunya gratis.

Untuk memulainya yang pertama teman-teman harus sudah mempunyai sebuah nama domain co.cc yang terdaftar di account teman-teman dan tentunya account Blogger, jika belum segeralah mendaftarkan diri dan mengecek ketersediannya disini sekarang juga (link referral), jika teman-teman sudah mempunyai nama domainnya sekarang saatnya untuk melakukan konfigurasi.

dns park add domainKarena saya memilih untuk menggunakan Name server pada settingan di co.cc maka saya akan membantu teman-teman yang mengalami kesulitan untuk mensetting dengan menggunakan layanan free DNS dari dnspark.net. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mendaftarkan nama domain teman-teman tersebut ke layanan DNS (Domain Name System). Banyak sekali layanan DNS yang ada, dari yang berbayar sampai yang gratisan. Karena saya memakai layanan DNS gratis dari dnspark, saya akan mencoba membantu untuk mengkonfigurasi settingan dari dnspark.

1. Sign up di dnspark.net, masuk ke http://www.dnspark.net/register .
2. Isi formulir yang disediakan, setelah selesai jangan lupa untuk langsung memverifikasi email teman-teman.
3. Login dengan account teman-teman yang tadi dibuat dan masukkan verifikasi huruf.
4. Kemudian pada Configuration menu pilih DNS Hosting kemudian pilih Add domain seperti pada gambar diatas.

add new domain

Kemudian ikuti langkah seperti pada gambar:

1. Select the service to add: klik tanda centang pada DNS Hosting - Free (2 available).

2. Isi nama domain yang akan digunakan contoh: danasimpleman.co.cc

3. Klik Add Now untuk menyimpan domain kita.


Pada add records pilih type CNAME kemudian isi alias name dengan www, kolom TTL biarkan dengan angka yang diberikan dan terakhir isi Destination Name dengan ghs.google.com Untuk saat ini semua setting DNS pada dnspark.net telah selesai.

Selanjutnya setting pada co.cc, pada manage domain kemudian pilih nomor 1 yaitu manage DNS. Isi kolom Name Server 1 sampai 5 dengan
ns1.dnspark.net
ns2.dnspark.net
ns3.dnspark.net
ns4.dnspark.net
ns5.dnspark.net
Selanjutnya Klik Setup

Tahap terakhir setting pada Blogger.
1. Login ke Blogger
2. Pada panel kontrol klik menu Pengaturan/Setting dan pilih sub menu Publikasikan
3. Pada pengaturan publikasikan klik berpindah ke:Domain Kustom dan selanjutnya klik Beralihlah ke pengaturan lanjut. Isi domain yang kita punya kemudian klik Simpan Pengaturan seperti yang terlihat pada gambar dibawah.



Untuk saat ini proses konfigurasi custom domain dari blogger ke co.cc telah selesai. Domain yang tadi dikonfigurasi akan mulai muncul paling lama 48 jam. Jika ada yang mengalami kesulitan silahkan tulis di kolom komentar.

Update:
Jika dalam waktu lebih dari 2 hari atau 48 jam blog anda masih belum dapat dibuka atau masih ada kode error 404. Untuk mensettingnya anda login di Blogger, kemudian pilih Pengaturan » Publikasikan » Berpindah ke blogspot » Kemudian Klik Simpan. Setelah itu setting kembali ke domain kustom seperti cara diatas (Tahap terakhir setting pada Blogger).

20 komentar:

  1. bermanfaat untuk orang lain...mau kita coba nh...

    BalasHapus
  2. kalo udah diset seperti itu apakah kita tetap bisa mengakses dengan link sebelumnya seperti punyaku http://gematki.blogspot.com?

    BalasHapus
  3. @NAZA
    Bisa, soalnya katanya om google, google tidak akan meninggalkan pembaca anda. contohnya blog ini yang alamat blogspotnya http://danasimpleman.blogspot.com/ langsung diarahkan ke http://www.danasimpleman.co.cc/. Jadi jika ada pembaca yang mengetikkan alamat blogspot kita di browser, akan langsung diarahkan ke domain co.cc kita..Jadi akan tetap bisa diakses..

    BalasHapus
  4. Kalo nama alamatnya beda bisa gak? Misalnya kalo alamat web yang sekarang diatur rubah menjadi jonny.co.cc misalnya..

    BalasHapus
  5. @ jonny
    maksudnya beda itu nama alamat antara blogspot dan co.cc?Kalo maksudnya itu tetep bisa aja,dan ga ada masalah..Tapi cek dulu apa masih tersedia atau ga namanya di co.cc.,

    BalasHapus
  6. akhirnya bisa juga, punya domain sendiri
    wlopun gratisann hehe²
    keren euy tutornya ..
    tukeran link yux mass..
    oia ada YM ga :)

    BalasHapus
  7. kok aku kalo nggak pake www. (misalnya anni3access.co.cc) nggak bisa masuk malah error tapi kalo blog-u danasimpleman.co.cc (tanpa www.) bisa... knapa ya???

    BalasHapus
  8. @ anni3
    Settingnya di DNSpark, trz klik domain kamu, di DNS Hosting >> Web Guiding / Camping >> Biarkan kosong kolom hostname, isi Destination URL dengan alamat lengkap blog mu, contoh: http://www.danasimpleman.co.cc/
    Silahkan komentar jika masih ada yang kurang..

    BalasHapus
  9. Setelah utak atik, aq malah gak bisa kembali ke setting awal dan selalu dapat pesan seperti ini :
    "Maafkan kami, tapi kami tidak dapat menyelesaikan Anda.

    Saat melaporkan kesalahan ini ke Pendukung Blogger atau pada Kelompok Petunjuk Blogger, silakan:

    * Jelaskan apa yang Anda lakukan ketika Anda menjumpai kesalahan ini.
    * Sediakan kode kesalahan dan informasi tambahan berikut ini.

    bX-e3i9af"

    gimana dong.... gak bisa akses blog ku lagi neh

    BalasHapus
  10. umm... itu pake http:// nggak??? kok blm bisa2... atau nunggu sampai berjam2 (atau malah berhari2...) >_<

    BalasHapus
  11. bedanya ama cuma di redirect apa ya?

    BalasHapus
  12. @daun
    maksudnya perbedaan antara apa nih??

    BalasHapus
  13. kan ada tuh mas di .co.cc tanpa sign up kita bisa bikin domain .co.cc buat nge redirect alamat blog kita yang asli..

    BalasHapus
  14. Kalo diredirect, link asli dari blog tidak akan muncul di browser. Yang muncul hanya alamat homenya aja. Selain itu, tanda icon blogger atau icon blog kita yang sudah diganti akan menjadi iconnya co.cc dan ada tulisan Powered by Co.CC. Sedangkan yang dicustom domain akan sama persis dengan alamat blogspot.

    BalasHapus
  15. hallo mas,
    saya sudah coba kok tidak berhasil juga,
    semua sudah saya ikuti, tapi tetap tidak sukses. stelah saya tunggu 3 hari, url custom domain blog saya tetap tidak bisa di akses. saya membua:portable-soft.co.cc untuk blog saya, tapi tetap tidak sukses, apa yang salah?

    BalasHapus
  16. @ mas Aan
    Stelah saya cek domain mas, saya lihat DNS nya sudah tersebar. Ini berarti settingan pada CO.CC sudah benar, tetapi pada Blogger.com atau dnspark.net nya mungkin ada kesalahan. Coba cek kembali settingan pada Blogger dan DNSParknya.

    BalasHapus
  17. ko doamin yang akuw buat g bisa muncul yya ?

    padahal aku dah follow cara2 yang u muat dblog u . .

    give the solution . . !!!

    BalasHapus
  18. mas kalau bedanya dengan lansung pake redirect??gmn????

    BalasHapus
  19. @ Tiyo:
    bedanya, kalo pake redirect, blog kita ngga bisa nambah subdomain. Kalo pake DNS kita bisa bebas pake subdomain, contohnya subdomainnya http://blog.danasimpleman.co.cc/ atau http://news.dansimpleman.co.cc/. Kalo redirect, itu hanya mengarahkan ke alamat saja, dan tidak memiliki URL yang asli dari blog..

    BalasHapus